Kamis, 14 November 2013

Perilaku Merokok para Mahasiswa di Kampus


Kegiatan  mahasiswa saat datang ke kampus, bukan kah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran? Saat sampai, lalu masuk ke kelas dan mengikuti pelajaran dengan tenang. Tetapi mengapa masih banyak saja mahasiswa yang sering kali membuat ketidaknyamanan saat di lingkungan kampus.
Banyak sekali contoh yang sering kita lihat. Salah satunya yaitu saat saya datang ke dalam suatu gedung kampus, begitu banyak mahasiswa yang dengan indahnya menikmati satu demi satu puntung rokok padahal dengan jelas di situ di tuliskan adanya larangan merokok di dalam gedung. Ya, memang sering saya dengar bahwa yang namanya mahasiswa itu pelajar paling ‘maha’ tetapi dengan begitu seharusnya mereka memberikan contoh baik untuk adik-adik kelas mereka. Bukan hanya terlihat tidak enak di mata, tetapi perilaku tersebut juga dapat merugikan orang lain yang ada di sekitarnya.
               
Kegiatan merokok bagi seorang individu merupakan hak pribadi masing-masing. Setiap orang berhak memilih apakah dia akan menjadi perokok aktif atau menjadi perokok pasif. Hanya saja alangkah baiknya apabila seorang perokok aktif menghargai  para perokok pasif.  Para perokok aktif itu sama dengan membagikan penyakit kepada para perokok pasif yang sebenarnya memang sama sekali tidak menghisap rokok.
Sebagai mahasiswa, sebagai calon penerus bangsa marilah kita sedikit demi sedikit menghargai diri kita sendiri, menghargai orang lain, dan menghargai lingkungan. Dengan sikap menanamkan seperti itu, maka bisa menimbulkan hal yang lebih positif dan lebih indah bagi lingkungan. Kalau pun dari mahasiswa yang memang merokok cobalah untuk menempatkan dimana sebaiknya mereka merokok dan dimana sebaiknya mereka tidak merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar