Rabu, 20 November 2013

Komunikasi Dalam Keluarga


Komunikasi adalah suatu interaksi yang dilakukan sesorang atau kelompok untuk  saling memberikan informasi. Komunikasi sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan kita. Hal pertama yang paling penting adalah pentingnya komunikasi di dalam keluarga. Dengan menciptakan komunikasi yang baik dalam keluarga tentunya akan membawa dampak baik pula dalam berkomunikasi di lingkungan luas.
Saya akan menjelaskan sedikit tentang komunikasi yang sering terjadi di dalam keluarga. Komunikasi yang baik dalam keluarga  adalah dengan saling memberikan informasi secara jelas santun dan dimengerti. Begini, sering sekali terjadi permasalah di keluarga, itu dikarekan adanya salah komunikasi.  Biasakan lah berbicara dengan orang tua itu selalu hormat, jangan sekali-kali kita sebagai anak berbicara keras. Dengan nada keras saat berkomunikasi itu pun dapat menimbulkan kesalah fahaman, bisa saja bicara dengan nada seperti itu dapat disangka seperti sedang emosi atau marah.  Hal-hal kecil dalam keluarga sebaiknya saling dibicarakan agak tidak terjadi permasalah.
Contoh kesalahan dalam komunikasi adalah misalnya seorang ayah dan ibu yang bercerai biasanya sang anak yang sering menjadi korban. Biasanya sang anak merasa takut untuk menyampaikan pendapatnya saat menghadapi suatu masalah dalam keluarga. Di pikiran sang anak hanyalah kegelisahan dan sulit untuk mengungkapkan perasaan yang dia rasakan. Sedangkan si orang tua hanya sibuk dengan persoalannya masing-masing tanpa memikirkan sang anaknya. Hal tersebut membuat sang anak mencari pelampiasan di luar keluarga misalnya dengan bermain sampai larut malam, menjadi anak yang tidak bisa diatur dan sebagainya.  Disini tentu dapat dilihat peran komunikasi dalam keluarga sangatlah diperlukan, dengan berbiacara kepada sang anak maka kenakalan anak tersebut dapat dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar