Kamis, 14 November 2013

RESUME KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI



Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Dalam organisasi, komunikasi  juga sebagai suatu tindakan mendorong pihak lain untuk menginterpretasikan suatu idea dalam suatu cara yang diinginkan olehh pembicara atau penulis. Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunikasi dan proses oengorganisasian serta budaya organisasi.
Adapun beberapa fungsi komunikasi dalam organisasi menurut salah satu ahli, menurut Sendjaja :
1.       Fungsi informatif  : memberikan informasi kepada suatu organisasi.
2.       Fungsi regulatif : berkaitan dengan peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
3.       Fungsi persuasif : dalam mengatur kekuasaan dan wewenang tidak akan selalu membawa hasil sesuai yang di harapkan.
4.       Fungsi integratif : setiap organisasi berusaha menyelidiki saluran yang memungkinkan karyawannya dapat dilaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
Proses komunikasi dalam organisasi dibagi menjadi dua, yaitu :
1.       Komunikasi Internal
Proses komunikasi, pertukaran gagasan diantara para pengurus dan anggota dalam ruang lingkup suatu organisasi.

2.       Komunikasi Eksternal
Proses komunikasi yang terjadi di antara pengurus dan suatu organisasi dengan orang atau masyarakat umum.

Komunikasi dalam organisasi sangatlah penting. Biasanya proses komunikasi dalam organisasi  meliputi atasan dan bawahan dengan penyampaian yang terarah dari suatu atasan ke bawahannnya yang semata-mata untuk berorientasi berdasarkan organisasi. Tujuan komunikasi sangat memberikan banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan anggota dalam bekerja dari intruksi-intruksi yang diberikan atasan dan juga mengurangi  kesalahpahaman.  Tetapi perlu di ingat, gunakan lah bahasa yang sesuai dalam berkomunikasi dengan atasan atau dengan sesama anggota, karna dengan begitu proses penyampaian pesan pun akan mudah dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar