Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau
beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan
informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Dalam organisasi, komunikasi
juga sebagai suatu tindakan mendorong pihak lain untuk
menginterpretasikan suatu idea dalam suatu cara yang diinginkan olehh pembicara
atau penulis. Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur
fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunikasi dan proses
oengorganisasian serta budaya organisasi.
Adapun beberapa fungsi komunikasi dalam organisasi menurut
salah satu ahli, menurut Sendjaja :
1.
Fungsi informatif : memberikan informasi kepada suatu
organisasi.
2.
Fungsi regulatif : berkaitan dengan peraturan
yang berlaku dalam suatu organisasi.
3.
Fungsi persuasif : dalam mengatur kekuasaan dan
wewenang tidak akan selalu membawa hasil sesuai yang di harapkan.
4.
Fungsi integratif : setiap organisasi berusaha
menyelidiki saluran yang memungkinkan karyawannya dapat dilaksanakan tugas dan
pekerjaan dengan baik.
Proses komunikasi dalam organisasi dibagi menjadi dua, yaitu
:
1.
Komunikasi Internal
Proses komunikasi, pertukaran gagasan
diantara para pengurus dan anggota dalam ruang lingkup suatu organisasi.
2.
Komunikasi Eksternal
Proses komunikasi yang terjadi di antara
pengurus dan suatu organisasi dengan orang atau masyarakat umum.
Komunikasi
dalam organisasi sangatlah penting. Biasanya proses komunikasi dalam
organisasi meliputi atasan dan bawahan
dengan penyampaian yang terarah dari suatu atasan ke bawahannnya yang
semata-mata untuk berorientasi berdasarkan organisasi. Tujuan komunikasi sangat
memberikan banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan anggota dalam
bekerja dari intruksi-intruksi yang diberikan atasan dan juga mengurangi kesalahpahaman. Tetapi perlu di ingat, gunakan lah bahasa
yang sesuai dalam berkomunikasi dengan atasan atau dengan sesama anggota, karna
dengan begitu proses penyampaian pesan pun akan mudah dimengerti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar