Selasa, 30 April 2013

Manusia dan Tanggung Jawab

Dalam konteks sosial manusia merupakan makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendirian. Setiap perbuatan yang di lakukan dalam hidup perlu lah ada kesadaran dan tanggung jawab. Tanggung jawab erat kaitannya dengan kewajiban. Kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang, maka tanggung jawab dalam hal ini adalah tanggung jawab terhadap kewajibannya.
Saya ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari, orang tua tentu berkewajiban untuk menyekolahkan anaknya. Pendidikan itu juga merupakan hak yang harusnya diterima oleh setiap anak. Dengan orang tua menyekolahkan anak-anaknya tentu saja mereka mengharapkan agar setiap anaknya menjadi orang yang sukses dimasa depan. Tapi, disisi lain terkadang sang anak malah melupakan tanggung jawab mereka sebagai pelajar. Mereka lupa akan kewajibannya untuk belajar dan membahagiakan orang tua. Sebagian dari mereka yang tidak mau untuk belajar bertanggung jawab akan kewajibannya maka suatu saat mereka  menyesal dan tidak bisa merasakan kesuksesan. Tetapi bila seseorang mau belajar bekerja keras dan bertanggung jawab untuk diri sendiri juga orang tua maka insyallah ia akan merasakan kesuksesan. Makna kesuksesan bagi setiap orang berbeda, ada yang mengatakan bahwa sukses itu adalah memiliki materi yang berlimpah, tetapi ada pula yang mengatakan bahwa kesuksesan itu merupakan sesuatu dari kerja keras mereka selama hidup yang dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.
Dari contoh di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa hanya diri kita sendirilah yang bertanggungjawab menentukan kehidupan seperti apa yang kita harapkan. Sedangkan orang lain tidak bertanggung jawab terhadap nasib ataupun kesuksesan kita. Peran dari orang lain hanya bersifat sebagai instrumen yang melengkapai usaha diri kita sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar