Kamis, 04 April 2013

Manusia dan Keindahan

 
Keindahan itu pada dasarnya adalah alamiah. Alam itu ciptaan Tuhan. Ini berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah itu artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan keindahan yang berbeda-beda dan setiap manusia itu pun harus bersyukur dengan keindahan yang mereka miliki. Manusia memiliki lima komponen yang secara otomatis dimiliki ketika manusia tesebut dilahirkan. Ke-lima komponen tersebut adalah nafsu, akal, hati, ruh, dan sirri (rahasia ilahi). Dengan modal yang telah diberikan kepada manusia itulah (nafsu, akal dan hati) akhirnya manusia tidak dapat dipisahkan dengan sesuatu yang disebut dengan keindahan. Keindahan tidak hanya dengan menonjolkan sesuatu yang terkesan eksklusif tetapi dengan keadaan sesuai apa adanya yang memancarkan aura alami sifat baik seseorang. Keindahan itu biasanya sesuai dengan kebenaran tidak dibuat-buat dan sesuai kenyataan.
Di kehidupan ini manusia tidak akan pernah jauh dari suatu keindahan. Saya ambil contoh, seorang wanita yang sangat memperhatikan penampilannya rela membeli sebuah tas atau sepatu dengan harga yang sangat mahal,menurutnya dengan tas yang mahal maka menunjang keindahan yang terlihat dari dirinya. Bila dibandingkan dengan wanita-wanita lain yang tidak begitu merelakan uangnya untuk membeli barang-barang mahal maka tentu saja hal tersebut sangat mewah bagi mereka. Namun tidak semua orang berpandangan bahwa benda-benda mahal mempunyai nilai keindahan yang tinggi, banyak dari mereka yang lebih menyukai suatu benda dengan nilai seni yang menonjol tanpa harga yang mahal dibandingan dengan merek-merek mahal yang di gunakan oleh orang-orang kalangan atas. Jadi suatu keindahan memiliki nilai-nilai tersendiri tergantung individu yang memandangnya.
Manusia dan keindahan adalah satu kesatuan karena keindahan merupakan bagian dari manusia. Manusia sangat menyukai keindahan, mulai dari wajah, cara berbicara, cara berpakaian, dan lain-lain. Penilaian suatu keindahan sangat berbeda dari satu orang ke orang yang lain. Indah menurut orang yang satu tetapi belum tentu indah buat orang lain. Sesuai dengan sifat manusia yang menyukai segala sesuatu mengenai keindahan, maka jagalah semua yang indah dan yang mempuat hati merasa lebih nyaman,karna dengan begitu keindahan akan muncul dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar