BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penggunaan
teknologi internet di dunia semakin meningkat. Setiap orang pasti telah
menikmati layanan internet. Dahulu internet hanya digunakan oleh para pekerja
di bidang teknologi komputasi berbasis internet dan yang mengerti teknologi itu
saja. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ini juga mengalami
perkembangan ke arah pencapaian kemudahan dan kenyamanan luar biasa dalam
melakukan kegiatan sehari-hari yang dianggap tidak mungkin dapat dikerjakan
dalam waktu singkat.
Negara-negara
besar di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Cina pun terus
berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru dalam perkembangan teknologi dunia.
Teknologi yang terpesat perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan
telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan
kecanggihannya.
Internet
adalah salah satu bukti nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang
informasi dan telekomunikasi. Internet membawa pengaruh yang sangat besar dalam
pola kehidupan masyarakat dunia, khususnya negara-negara maju. Internet disebut
juga dunia tanpa batas karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Waktu dan
jarak bukan lagi masalah untuk memperoleh informasi maupun memberi informasi.
Walau masih tertinggal jauh dari Negara-negara Asia yang lebih maju,
perkembangan internet di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang
signifikan. Secara keseluruhan memang masih dapat dikatakan bahwa internet
relatif baru dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Internet
kini menjadi pusat informasi di seluruh dunia. Pada kenyataannya ada sebagian
orang yang belum memanfaatkan fungsi dari adanya internet. Sebagian orang
mengalami kesulitan dalam mencari informasi karena kendala bahasa. Padahal
berbagai kepentingan pekerjaan maupun pendidikan bergantung pada internet.
Semua itu menuntut setiap individu untuk dapat mengoperasikan internet sebagai
konsekuensi hidup di zaman serba canggih ini. Internet sebagai media
pembelajaran mulai diterapkan pada dunia pendidikan. Peserta didik diajarkan
mengenai pengoperasian internet, tujuannya adalah agar peserta didik mengenal
dunianya, dunia yang tidak berhenti mengalami perkembangan teknologi.
Namun,
sebesar apapun manfaat internet bagi kehidupan manusia, sebesar itu pula
internet membawa pengaruh buruk. Pengaruh buruk ini tentunya harus dihindari,
terutama bagi para peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.
1.2 Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
penjelasan di atas, maka penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
1. Adanya
pengaruh buruk internet bagi kehidupan manusia.
2. Adanya
sebagian orang adanya orang yang belum dapat menggunakan internet dengan baik.
3. Penguasaan
bahasa asing yang kurang menjadi kendala dalam menggunakan internet.
1.3 Pembatasan Masalah
Untuk
menghindari meluasnya permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, maka
dilakukan pembatasan pada masalah pengaruh penggunaan internet terhadap
pendidikan.
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah di atas, maka masalah dalam penulisan ini dirumuskan sebagai
berikut :
1.
Apa saja istilah-istilah dalam internet
?
2.
Apa saja dampak-dampak penggunaan
internet bagi pendidikan ?
3.
Bagaimana cara menyikapi berbagai dampak
penggunaan internet ?
1.5 Tujuan Penulisan
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah :
1. Untuk
mengetahui peranan internet dalam bidang pendidikan.
2. Untuk
mengetahui berbagai dampak penggunaan internet bagi pendidikan.
3. Untuk
mengetahui cara menyikapi dampak atau pengaruh penggunaan internet.
1.6 Manfaat Penulisan
sebagai referensi
mengenai perkembangan internet serta peranannya dalam kehidupan sosial,
pengaruh positif maupun negatif dari penggunaan internet, terutama dalam bidang
pendidikan, dan sebagai acuan untuk menyikapi berbagai dampak dari internet
agar dapat terhindar dari penyalahgunaan internet.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol
Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala
Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara
global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching
communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Menurut
pakar internet Onno. W. Purbo, "Internet dengan berbagai aplikasinya
seperti Web, VoIP, E-Mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk
mengefesiensikan proses komunikasi" (Prihatna, 2005, p7).
Sedangkan
menurut tim penelitian dan pengembangan wahana komputer (2005), Internet adalah
metode untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global, melalui
protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol
(TCP/IP).
Berdasarkan
beberapa pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa internet adalah suatu
jaringan komunikasi antara komputer yang besar, yang mencakup seluruh dunia dan
berbasis pada sebuah protokol yang disebut TCP/IP (Transmission Control
Protocol / Internet Protocol). Selain itu, internet dapat disebut sebagai
sumber daya informasi yang dapat digunakan oleh seluruh dunia dalam mencari
informasi.
2.2 Istilah-Istilah Internet
2.2.1 HTML (Hypertext Markup Languange)
HTML
digunakan untuk membangun suatu halaman web. Sekalipun banyak orang
menyebutnyasebagai suatu bahasa pemrograman, HTML sebenarnya sama sekali bukan
bahasa pemrograman, karena seperti tercermin dari namanya, HTML adalah suatu
bahasa mark up. 2.2.2 HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP
adalah suatu protokol yang perlu diikuti oleh web browser dalam meminta atau
mengambil suatu dokumen yang disediakan di web server.
Pengguna dapat mengklik pada
sebuah tombol persetujuan yang aman, dan program klien akan menjalankan sebuah
kunci keamanan bagi sesi tersebut dengan form tersebut.
2.2.3 Uniform Resource Locator (URL)
URL
merupakan sistem pengalamatan yang digunakan pada World Wide Web. Di internet
URL menggabungkan informasi mengenai jenis protokol yang digunakan, alamat
situs dimana resource ditempatkan, lokasi sub directory dan nama file yang
digunakan.
2.2.4 Javascript
Javascript
adalah bahasa pemrograman yang sederhana karena bahasa ini tidak dapat digunakan
untuk membuat aplikasi ataupun applet. Dengan javascript, kita dapat dengan
mudah membuat sebuah halaman web yang interaktif (Hardjono, 2006).
Sedangkan
menurut Ellsworth dan Matthew (1997), Javascript adalah pendekatan lain untuk
membuat halaman web menjadi lebih interaktif, baik dalam deteksi maupun
tanggapan ke interaksi pengguna dengan halaman web. Javascript dapat langsung
digabungkan dengan HTML tanpa harus dicompile terlebih dahulu.
2.3 Pengaruh
dan Dampak Positif Internet bagi Pendidikan
Internet
sangat berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan, terutama dalam bidang
pendidikan, yang merupakan alasan utama terciptanya Internet. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari beberapa sumber, pengaruh positif Internet dalam
dunia pendidikan, diantaranya adalah :
1. Internet
sebagai media pembelajaran mempermudah mencari berbagai informasi dan ilmu
pengetahuan, serta sangat berguna dalam menambah wawasan.
2. Internet
bermanfaat sebagai ajang penyaluran bakat. Internet memuat berbagai informasi,
termasuk informasi tentang berbagai kompetisi dan perlombaan.
3. Internet
sebagai sarana hiburan menyajikan berbagai hiburan untuk siapapun, kapanpun,
dimanapun.
4.
Internet sebagai media komunikasi
mempermudah proses komunikasi antar sesama, baik dengan teman, guru, orangtua,
dan keluarga.
2.4 Pengaruh
dan Dampak Negatif Internet bagi Pendidikan
Internet
tidak sepenuhnya berdampak baik bagi pendidikan. Bahkan banyak sekali dampak
negatif Internet terhadap dunia pendidikan. Berikut adalah dampak-dampak negatif
Internet bagi pendidikan yang saya
peroleh dari berbagai sumber :
1. Internet
sebagai media pembelajaran tidak efektif pemanfaatannya.
2. Internet
membawa pengaruh buruk terhadap pola kepribadian siswa.
3. Maraknya
berbagai penyalahgunaan Internet seperti pelanggaran hak cipta, pornografi,
pencurian identitas, dan pernyataan benci (hate speech).
4.
Internet juga semakin mempermudah
terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena makin
mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan
melakukan kecurangan.
2.5 Cara Menyikapi Berbagai Dampak
Penggunaan Internet
Di
bawah ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan dalam menyikapi
berbagai dampak Internet :
1. Menumbuhkan
kesadaran dalam setiap diri dan berupaya memenuhi kewajiban sebagai pelajar.
2. Menggunakan
Internet dengan tujuan mencari informasi yang positif.
3. Memahami
lebih dalam mengenai pengoperasian Internet agar tidak tersesat saat menjelajah
dunia maya.
4. Menjauhi
hal-hal yang menyimpang dan tidak mencoba-coba.
5. Saling
mengingatkan dan menasihati dalam kebenaran.
6. Mengajarkan
moral dan etika yang baik pada peserta didik.
7. Memberi
motivasi mengenai pola kepribadian yang baik.
8. Memberitahu
situs-situs yang menarik dan layak dikunjungi peserta didik.
9. Kehadiran
orangtua sebagai pengawas saat anak menjelajah Internet.
10. Bentuk
ketegasan pemerintah mengatasi penyalahgunaan Internet dengan mencontoh
beberapa Negara seperti Cina dan Singapura yang telah menerapkan kebijakan
memblokir situs-situs yang dianggap tidak pantas.
- BAB III
- METEDOLOGI
3.1.Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat : Karawang
Waktu : 26 November 2014
3.2.Metode Penelitian
3.2.1. Pengumpulan
Data
Pengumpulan
data diambil dari teknologi yang sudah ada saat ini. Selain itu, data juga
diambil dari beberapa buku penunjang dan internet yang digunakan sebagai
referensi.
3.3.2. Wawancara
Wawancara narasumber dilakukan untuk mengkaji hasil
pengumpulan data yang dilakukan dengan hasil nyata yang biasa terjadi.
3.3.Instrumen Penelitian
Wawancara dengan para pengguna
internet yang berkembang di lingkungan masayarakat.
3.4.Teknik Analisis Data
Analisis data yang dilakukan berdasarkan hasil wawancara
dengan para pengguna internet saat berada di lingkungan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar