Sabtu, 17 Oktober 2015

Telematika dalam Kehidupan Sehari-Hari




Telematika merupakan perpaduan antara teknologi informasi komputer, teknologi telekomunikasi, termasuk radio maupun televisi dan multimedia.Pertama kali telematika digunakan di Indonesia adalah pada berbuahan nama salah satu lanoratoriun telekomunikasi di ITB tahun 1978.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa bidang, contohnya :
1.      Teknologi komunikasi dan informasi yaitu ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan, dan penyampaian informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
2.      Teknologi Sistem Navigasi (GPS)
3.      Bidang kendaraan dan lalu lintas.
Kemampuan telematika adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
Telematika adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi bisnis informasi, media dan telekomunikasi. Perubahan dalam kemajuan teknologi merubah pola fikir ekonomi, pola hidup, dan cara melakukan bisnis yang lebih baik. Penerapan internet dalam pola fikir ekonomi dapat membantu konsumen mencari secara mudah dan dapat membandingkan untuk mendapatkan produk yang berkualitas tinggi dengan yang berkualitas rendah.  Penerapan dalam pola hidup membantu masyarakat untuk dengan mudah mendapatkan informasi dengan bantuan internet dimana saja dan kapan saja. Kemudian penerapan dalam melakukan bisnis yaitu telematika membantu para pekerja bisnis untuk dapat menekan biaya transaksi bisnis dan mempermudah pelayanan bisnis yang ada.
Manfaat telematika dalam kehidupan sehari-hari :
1.      Sarana penyampaikan sebuah informasi, dengan telekomunikasi maka penyampaian pesan akan lebih menarik,cepat,tepat, serta menambah pengeahuan. Menambah pengetahuan masyarakat maka akan menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2.      Sarana kotak social/komunikasi bermasyarakat,  dengan interaksi social antar masyarakat akan menambah keakraban, kebersamaan  yang menjadikan sebuah kerjasama. Telematika menjadi jembatan antara kontak social dengan komunikasi masyarakat sehingga disini telematika memiliki nilai lebih dibandingkan hasil peroranggan.
3.      Dalam dunia usaha manfaat telematika dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah produk dan mempermudah transaksi dalam berbisnis.
Layanan telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jaringan yang didasarkan pada system telekomukasi untuk mengirim data. Contohnya internet, internet merupakan jaringan yang dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya yang berada di wilayah yang berbeda. Awalnya internet hanya digunakan untuk mengirim email, namun seiring berkembangnya teknologi komputer baik dari segi perangkat keras maupun lunak, internet tidak hanya sebatas percakapan pesan dalam email, melainkan dapat dikembangkan menjadi suatu system informasi. Contoh lain penggunaan telekomunikasi dalam internet yaitu V-class gunadarma,  v-class merupakan pesan interaksi dan penyampaian informasi soal-soal secara online yang harus dikerjakan oleh setiiap mashasiswa Gunadarma untuk mendapatkan nilai.
Dampak penggunaan telematika bagi masyarakat
            Dampak dari telematika bagi kehidupan bermasyarakat salah satunya yaitu tindakan  kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya cyber crime dengan mencuri data kartu kredit dari nasabah bank, sehingga si pelaku dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi. Menghindari dampak negative dari perkembangan telematika pun dapat dilakukan dengan cara penyaringan informasi yang kita dapatkan, baik yang positif dan yang nagatif. Serta menggunakan media internet haruslah berhati;hati dan sesuai dengan kebutuhan agar kita sebagai pengguna tidak lantas menjadi kecanduan teknologi yang ada dan menjadi anti social.



referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Telematika 
http://karmila.staff.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar